Tujuh Cara Mencari Ide Menulis Artikel Blog

Tujuh Cara Mencari Ide Menulis Artikel Blog – Sebagai seorang blogger terkadang kita mungkin pernah kehabisan ide untuk menulis artikel postingan diblog. jika ia berarti kita sama, sebab saya pun terkadang merasa demikian, sehingga saya suka memanifestasikan ide-ide artikel disebuah folder tersediri yang saya beri judul “bahan artikel” agar jangan sampai lupa terlebih kehabisan ide untuk menulis artikel, dan seandainya saya masih kehabisan ide juga dalam menulis artikel maka saya akan melakukan beberapa hal dibawah ini untuk menemukan ide-ide baru, cara ini sengaja saya bagikan ke teman-teman dan saya harap artikel ini bermanfaat bagi teman-teman.
Ide, ide menulis konten, ide menulis artikel blog
Image Souce : mwait.info


Baca Kembali Artikel Yang Sudah Diposting

Tidak ada salahnya bukan membaca kembali setiap artikel yang sudah kita posting diblog, mungkin saja dengan membaca kembali artikel-artikel tersebut kita bisa menemukan sebuah ide atau menemukan kekurangan dalam salah satu artikel yang perlu kita perbaiki dan jelaskan secara lebih detail diartikel baru.

Blog Walking

Istilah keren dari mengunjungi blog lain dengan tema pembahasan sejenis, selain bisa mendapat ide untuk menulis artikel kita juga bisa mendapat kenalan baru serta menitip backlink dari blog yang kita kunjungi itu. Yang penting selalu ingat ! jangan sampai copas artikel orang lain ya, jika sudah terlanjur copas kamu bisa menambahkan link asli artikel tersebut.

Apa itu backlink ? Baca lebih lengkapnya disini Pengertian Istilah Blogging YangSering Digunakan

Ingat-Ingat Kejadian Hari Ini

Terkadang dalam aktifitas sehari-hari ada banyak hal yang sebetulnya bermanfaat tapi sayangnya tidak kita hiraukan, dengan mengingat-ingat kejadian hari ini kita bisa mereview kembali apa-apa saja yang penting dihari ini dan kita tuangkan dalam bentuk artikel sebagai bahan postingan blog.

Pengalaman dan Kesulitan Yang Pernah Dialami

Tidak harus pengalaman atau kesulitan yang kamu alami sendiri, bisa juga pengalaman orang lain dalam menghadapi masalah, baik itu masalah kecil terlebih masalah besar. Namun besar kecilnya suatu masalah itu tergantung darimana dan siapa yang memandangnya, boleh jadi apa yang kita anggap sebagai masalah sepele merupakan masalah yang cukup membingungkan bagi orang lain, begitu juga sebaliknya. Sebagai contoh seandainya kamu pernah ditilang dan memilih sidang dipengadilan dari pada damai, kamu bisa menceritakan pengalaman kamu dalam bentuk artikel sehingga bisa menjadi bahan referensi bagi orang lain yang belum pernah mengikuti sidang tilang dipengadilan.  

Ingat Apa Yang Kamu Bisa

Sesibuk dan seluas apapun kamu memandang dunia ini jangan pernah lupakan dirimu sendiri, ingat-ingat semua yang kamu bisa walaupun mungkin sebagian orang menganggap itu biasa-biasa saja. Sebagai contoh kamu adalah orang yang mahir dalam bermain rubik (permainan susun kotak) kamu bisa membagikan cerita, pengalaman, serta rumus-rumus dalam bermain rubik yang bagi kebanyakan orang memusingkan. Ada satu keutamaan tambahan ketika kamu menceritakan keahlian didalam blog pribadi, yaitu secara tidak langsung kamu sudah melakukan Self Branding  atau secara bahasa kita “mempromosikan diri”, hal ini juga pernah saya singgung dalam artikel yang berjudul Sepuluh ManfaatBlogging Yang Harus Kamu Tahu.

Sesuatu Yang Menarik Perhatian

Pernah baca buku atau karya tulis lainnya ? adakah bagian menarik dari sekian banyak karya tulis yang pernah kamu baca ? jika ada tidak ada salahnya kamu menulis dan memberikan review untuk karya orang lain diblog mu. Hal ini tidak terbatas pada karya tulis saja, sebab kamu bisa memberikan review tentang film, sinetron, program televisi, komunitas, social project dan masih banyak hal lainnya yang bisa kamu review dalam bentuk artikel.

Tokoh Idola

Punya tokoh idola ? saya yakin pasti punya, dan pasti kamu punya alasannya kenapa mengidolakan tokoh tersebut, bisa jadi karena dia pintar, baik, penuh aura positif dan lain sebagainya. Kamu bisa menulis tentang mereka entah itu kesehariannya, sifat-sifatnya, kebiasaannya, apa yang disukai, dan masih banyak lagi hal-hal tentang tokoh idola mu yang bisa kamu tuangkan dalam bentuk artikel.

Peristiwa Penuh Hikmah

Seperti halnya peristiwa penuh duka yang pernah melanda negeri ini, Tsunami Aceh. Kamu juga bisa membuat sebuah artikel dengan sebuah penjabaran dan hikmah yang bisa diambil dari peristiwa tersebut. Sebagai contoh tambahan, beberapa waktu lalu salah satu teman dikomunitas yang saya ikuti mengalami musibah berupa penipuan yang dilakukan secara online dan mencatut sebuah nama salah satu perusahaan komunikasi, kemudian dia jelaskan secara detail perihal modus serta kronologinya kerekan-rekan komunitas lainnya dengan diakhiri sebuah pesan “jangan percaya apapun jika mereka menyuruh kita untuk melakukan suatu tindakan di ATM atau mobile banking, sekalipun itu hanya menekan beberapa digit angka atau tindakan lainnya terlebih transfer”.

Dipenghujung artikel ini saya ingin menambahkan, sebenarnya untuk mendapatkan sebuah ide bahan artikel blog itu ada banyak cara, terkadang begitu mendengar sebuah kalimat dari lawan ngobrol pun kita bisa mendapat ide, sewaktu berbelanja, dikamar mandi, diperon tunggu stasiun dan dimanapun atau apapun aktifitas yang kita lakukan bisa saja itu menjadi sebuah ide selama kita “Berusaha Belajar Mengamati Serta Menghargai Setiap Momen Yang Ada”.

Tags : Cara mencari ide, menulis artikel, tips menulis artikel, inspirasi menulis artikel, ide konten, inspirasi konten, ide menulis artikel, ide menulis konten.

0 Response to "Tujuh Cara Mencari Ide Menulis Artikel Blog"

Post a Comment