Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah Dari Internet Sebagai Dropshiper

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Jutaan Rupiah Dari Internet Sebagai Dropshiper - sebagai seorang dropshiper ingin sekali rasanya saya membagikan sebuah pengalaman sekaligus panduan lengkap menghasilkan penghasilan tambahan jutaan perbulan sebagai dropshiper. dalam menjadi dropshiper kamu tidak perlu memiliki keahlian khusus, selama kamu bisa berinternet dan copy paste maka kamu sudah bisa menjadi seorang dropshiper, soal keahlian dalam menjawab pertanyaan dan strategi closing calon pelanggan bisa dipelajari seiring berjalannya waktu.
dropshiper, cara dropship, panduan dropship, imandblog
Image Source : tabloidbisnis.com

Pengertian Dropship, merupakan istilah bagi kegiatan penjualan yang si penjual tidak memiliki produk yang dijualnya. nah penjualnya disebut dropshiper. dropshiper mengambil keuntungan dengan cara melebihkan harga jual. contohnya seperti ini, seandainya saya punya produk pakaian yang saya jual dengan harga Rp. 170.000,-/pcs kemudian kamu menjadi dropshiper dari produk saya dan melebihkan harga jual menjadi Rp. 210.000,-/pcs, berarti kamu mengambil keuntungan dari setiap penjualan sebesar Rp. 40.000,-/pcs. Media penjualan seorang dropshiper yaitu melalui media online seperti sosial media (Online Shop).

Alur Proses Penjualan Dropshiper, 
1. Pembeli memesan produk ke online shop dropshiper
2. Dropshiper membeli produk ke suplier dengan istruksi agar produk dikirim ke alamat pembeli atas     nama pengirim dropshiper
3. Suplier mengirim barang ke alamat pembeli  atas nama dropshiper.

Tahapan memulai usaha dropshiper
Cari produk  
saya membagi produk didalam tiga kategori, yaitu Kebutuhan, Komplementer, dan Musiman

Produk yang merupakan kebutuhan ini memiliki daya jual yang stabil, contohnya produk kesehatan, makanan, kosmetik (ini juga merupakan kebutuhan bagi para wanita), dan pendidikan.

Paroduk Komplementer umumnya memiliki pangsa pasar yang cukup luas, namun tidak semua orang membutuhkannya, contohnya Aksesoris baik itu aksesoris pakaian, kendaraan bermotor, handphone dan lain sebagainya.

Produk musiman daya jualnya sangat luar biasa, tapi terikat dengan waktu dan kalau dijual diluar waktu tersebut daya jualnya turun drastis, contohnya  Pakaian muslim penjualannya meningkat saat menjelang bulan ramadhan dan lebaran, tapi diluar waktu itu daya jualnya menurun, kemudian contoh selanjutnya perlengkapan sekolah, meningkat drastis pada saat menjelang kenaikan kelas dan tahun ajaran baru.

Setelah menemukan produk yang kamu anggap potensial sekarang waktunya untuk mencari Suplier. kriteria suplier yang baik adalah, pengiriman cepat, fast respon, harga bersaing, pelayanan purna jual baik (retur, servis dll), ramah dan selalu mengkomunikasikan dengan para dropshiper jika ada hal yang perlu dibahas. jujur saja untuk mencari suplier seperti ini bukanlah hal mudah, dari sekitar enam suplier yang saya miliki hanya satu yang benar-benar pas dengan kriteria saya. tujuan memilih suplier dengan ketat seperti ini adalah agar kita dapat memberikan pelayanan prima kepada setiap konsumen yang membeli produk ditempat kita.

Rekomendasi untuk mencari suplier 

Lingkungan sekitar
coba lihat lingkungan mu, adakah yang bisa menjadi suplier ? jika ada tidak ada salahnya untuk menjalin kerjasama dengannya. ada satu kelebihan yang bisa kamu peroleh jika bekerjasama dengan orang-orang yang berada dekat dengan kita, antara lain, mempererat hubungan persaudaraan/silaturahmi, bisa mendapat update barang secara langsung, mudah dalam mengkomunikasikan jika ada kendala dalam pengiriman barang, pelayanan purna jual yang prima, dan mendapat bimbingan bisnis secara langsung.

Pusat kulakan
kalau menurut kamu lingkungan sekitar mu tidak ada yang memenuhi kriteria untuk menjadi suplier maka langkah selanjutnya adalah mengunjungi pusat kulakan. tapi mereka biasanya tidak memberikan kita keleluasaan untuk memotret setiap produk yang ada, kita akan diarahkan untuk membeli sample produk dan memfotonya sendiri dirumah. selain itu biasanya mereka akan terlebih dahulu menanyakan  kepada kita  apakan kita memiliki toko atau tidak, jika kita menjawab tidak maka siap-siaplah untuk ditolak.

Market Place
Yuhu ... ini juga saya gunakan untuk mencari suplier produk yang saya incar, sebab market place berisikan ribuan penjual, selain itu dengan survey dimarket place kita bisa mengetahui rentang harga sebuah produk dalam pasaran online sehingga kita bisa menentukan harga bersaing. keunggulan lain jika kita mencari suplier melalui market place adalah sistem feedback/ulasan yang diberikan oleh setiap pembeli, sehingga kita bisa mengetahui kualitas barang dan kualitas suplier agar mengurangi resiko kesalahan memilih suplier.

Strategi penjualan
ini merupakan bagian inti bagi seorang dropshiper, yaitu melakukan penjualan. dalam hal penjualan saya biasanya memanfaatkan semua media sosial dan sosial massenger yang saya miliki, diartikel ini akan saya bagikan pula caranya bagaimana cara saya melakukan promosi di sosial media.

Facebook
Dahulu sewaktu masih baru sekali memulai dan masih dalam tahap belajar saya sering sekali tag teman-teman facebook dan spaming digroup-group untuk melakukan promosi, bukannya berbuah manis malah cacian dan unfriend dari teman facebook saya. Nah maka dari itu dalam menggunakan facebook saya sarankan agar kamu membuat fanspage, untuk lebih jelasnya silahkan kamu simak diartikel saya ini Fanpage Facebook : Cara Membuat dan Manfaatnya Bagi Web, Online Shop dan Branding. sedangkan untuk materi facebook marketing aka saya sharing diartikel lain dilain kesempata, semoga masih sabar ya.

Twitter
Sosial media yang satu ini juga jangan sampai ketinggalan, sebab twitter semakin hari semakin banyak penggunanya di Indonesia dan rata-rata pengguna twitter golongan menengah keatas yang sudah tidak asing lagi dengan online shop. Dalam menggunakan twitter ada baiknya gunakan strategi promosi 10 : 1, artinya dari sepuluh kali posting hanya satu yang benar-benar promosi, sisanya bisa berupa berita unik dan informasi penting lainnya.


Instagram
Sosial media berbasis foto ini juga merupakan bagian penting dalam menjalankan usaha dropship kita. dalam  menggunakan instagram jangan lupa tambahkan hashtag sebanyak-banyaknya disetiap postingan agar cepat terindeks dalam pencarian. Untuk menentukan hashtag bisa dengan mempertimbangkan beberapa hal, yaitu : nama produk, jenis produk, kategori produk, merek, nama online shop kita, apa saja yang kita jual, dan beberapa hal lainnya, contohnya saya memposting foto produk Headset Bluetooth LG HBS 880, maka hashtag yang akan saya gunakan adalah #LGHBS #Headsetbluetooth #HBS800 #LG #HeadsetBluetoothMurah #AudioPortable #JBLTech #pratamastore #AksesorisHP #AksesorisSamsung dan masih banyak lagi.

Black Berry Massenger
Menggunakan BBM untuk keperluan dropshiper tidak jauh berbeda seperti halnya kita menggunakan ini untuk kegiatan sehari-hari, kita ganti foto profil dengan foto produk, status dengan kata-kata promosi yang menggugah dan membuat group untuk calon-calon prospek kita. Salah saru keunggulan BBM group adalah dengan adanya pengaturan apakah anggota lain bisa mengupload gambar atau tidak tapi kelemahannya BBM group hanya menampung sekitar 80 gambar.

Whatsapp dan Line
Ini merupakan alternatif BBM, sebab seperti yang kita tahu bahwa BBM di Indonseia sering sekali mengalami gangguan. maka dari itu kita harus mengantisipasinya menggunakan kedua social massenger ini agar tetap bisa fast respon sekalipun BBM sedang mengalami gangguan.


Catatan :

  • Dalam membangun online shop, fokus ke salah satu sosial media terlebih dahulu, setelah selesai membangun barulah mulai bangun disosial media lainnya.
  • Kalau kamu merasa terbebani jika menggunakan semua media diatas maka pilihlah yang menurut kamu paling potensial dan kamu kuasai kemudian tekuni.
  • Kenapa saya menggunakan semua media diatas sebab saya menggunakan rumus "The Law of Number" yang artinya semakin banyak semakin bagus.
  • Gunakan foto sebagus mungkin, untuk memilih foto yang bagus kamu bisa googling atau mengambil foto dari market place.

0 Response to "Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah Dari Internet Sebagai Dropshiper"

Post a Comment