Sepuluh Manfaat Blogging Yang Kamu Harus Tahu

Sepuluh Manfaat Blogging Yang Kamu Harus Tahu – Dahulu sewaktu awal-awal blogging saya sering sekali bertanya-tanya pada diri sendiri, untuk apa saya blogging ? awalnya saya pikir blogging itu tidak ada manfaatnya, makanya waktu itu saya menjadi malas untuk mengurus blog terlebih untuk membuat postingan baru, sampai akhirnya suatu saat saya mendapat suatu persoalan yang cukup membingungkan, karena teman-teman dan orang terdekat tidak ada yang bisa membantu, akhirnya saya coba untuk searching digoogle dan mendapati sebuah blog yang menjabarkan secara detail apa dan bagaimana cara menyelasaikan persoalan saya dengan akurat. Semenjak itu saya berfikir ulang dan mencoba untuk menghilangkan presepsi negatif tentang blogging, setelah saya bermuhasabah/koreksi diri, saya menemukan beberapa alasan utama yang ‘mengharuskan’ saya blogging, apa saja alasan tersebut ? berikut saya sebutkan.
sepuluh manfaat blogging yang kamu harus tahu - imandblog.blogspot.com/
Image Source : milkbubletea.com

Berbagi

Dengan blogging kita bisa berbagi dengan banyak orang tanpa ada batasan lokasi, waktu dan hubungan. Ketika saya menerbitkan artikel ini diblog bisa saja orang dari seluruh Indonesia bahkan dunia yang membaca (tidak ada batasan lokasi). Sekali kita menerbitkan artikel diblog kapan pun orang dimasa depan bisa membacanya secara lengkap dan utuh alias tak lekang oleh waktu, bisa dibaca hari ini, besok, tahun depan, tiga tahun lagi dan selama-lamanya, seandainya artikel yang kita terbitkan merupakan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat luas, ini termasuk dalam Amal Jariah jika dalam agama Islam atau amalan yang tidak akan habis pahalanya meskipun kita sudah tiada nanti. Dan dengan blogging kita bisa berbagi ilmu kepada siapa pun bahkan kepada orang yang tidak kenal, seperti saat ini kamu membaca artikel saya, apa kamu kenal saya dan saya kenal kamu ? belum tentukan ?.

Meningkatkan keahlian menulis

Ini juga alasan saya blogging, saya termasuk orang yang tidak pandai dalam menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan dan mungkin kamu pun demikian. Ada pepatah mengatakan “Bisa Karena Biasa” maka dari itu saya berusaha membiasakan diri untuk menulis, tak perduli apa komentar orang lain tentang tulisan saya, burukkan atau baguskah. Tapi dalam membiasakan menulis jangan hanya asal menulis, tulislah sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain, maka dari itu blogging merupakan salah satu tempat yang paling cocok. Disini kita bisa belajar menulis sambil berbagi manfaat kepada orang lain.

Meningkatkan keahlian membaca

Saat menulis artikel sudah pasti kita juga akan mengoreksi tulisan kita dengan cara membacanya kembali sebelum atau sesudah mempublish, betul ? dengan sering membaca terutama tulisan sendiri kita bisa mengasah keahlian membaca dan belajar untuk lebih memantapkan penggunaan kata demi kata.

Mengeksplorasi ide

Dengan blogging secara tidak langsung otak dan pikiran kita terpacu untuk lebih dan semakin sering menulis artikel diblog kesayangan kita dan memaksa otak kita untuk lebih vokal dalam menyuarakan dan mengutarakan setiap pikiran, opini serta ide yang ada dalam benak. Hal ini tentunya sangat baik bagi kita, semakin ide dieksplorasi semakin kita menjadi kreatif.

Kurang Motifasi Blogging ? Coba Baca Ini Mengambil Inspirasi dan Motivasi Blogging Dari Mas Sugeng

Mencegah kepikunan

Kepikunan atau pelupa itu disebabkan bertumpuknya informasi yang  tidak pernah diulang-ulang dan dikeluarkan. Semakin sering kita mengulang dan mengutarakan informasi yang kita peroleh maka kemungkinan lupa akan semakin kecil. Namun seperti yang kita ketahui bersama bahwa metode mengulang yang paling baik adalah dengan mengajarkan/membagikannya kepada orang lain, itu sebabnya seorang guru matematika tidak akan pernah lupa dengan semua rumus-rumus matematika (contohnya). Tapi sayangnya saya bukan seorang guru dan belum ada tempat pasti bagi saya untuk membagikan setiap ide, opini serta keahlian yang saya miliki, akhirnya saya tuangkan semuanya diblog ini dan saya harap kamu pun demikian, menuangkan setiap ide, opini serta keahlian yang kamu miliki diblog masing-masing.

Belajar memanfaatkan waktu luang

Ini juga kamu perlu tahu, sebagian besar manusia didunia ini menghabiskan waktu senggangnya dengan percuma, bermain game, menonton televisi, dan lain sebagainya. Saya tidak bermaksud melarang atau mengatakan bahwa semua itu merupakan hal terlarang, sebab semua orang butuh hiburan, tapi cobalah untuk meminimalisir waktu luang yang terbuang itu dengan sesuatu yang bermanfaat dan blogging bisa menjadi salah satu alternatifnya, selain bermanfaat bagi orang lain, blogging juga bermafaat bagi diri kita sendiri.

Memperbanyak teman

Banyak sekali blogger didunia dan khususnya di negeri kita tercinta ini, kita tidak usah jauh-jauh menengok ke dunia, di Indonesia sekalipun banyak sekali blogger dengan berbagai macam topik yang dibahas. Dengan menjadi blogger kita secara tidak langsung bergabung degan sebuah komunitas yang anggotanya tersebar dari Sabang sampai Marauke. Bagaimana cara berkenalan dengan blogger lain ? mudah sekali caranya, kita hanya perlu blogwalking, mengunjungi blog-blog orang lain dan meninggalkan komentar disana, terkadang banyak sekali blog yang menjadi moderator bagi sesama blogger menjalin pertemanan seperti blog mukhofasalfikri.tumblr.com yang menjadi pencetus komunitas Blogger Aktif Menulis.

Menjadi artis dunia maya

Apa bisa menjadi artis tanpa harus masuk ke dunia entertaiment ? tentu saja bisa, banyak sekali blogger di negeri ini yang terkenal namanya dan memiliki fans ribuan bahkan sampai ratusan ribu seperti Mas Sugeng yang terkenal dengan kesungguhan dan tutorialnya yang lengkap, Mas Dian Umbara dengan tips dan trik adsensenya, dan masih banyak lagi blogger terkenal lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Sarana branding

Blogging juga bisa menjadi sarana branding, entah itu branding diri sendiri ataupun branding produk yang kita miliki, contohnya seperti ini, seandainya kamu punya keahlian dibidang hand made, kamu bisa saja membuat blog dengan tema hand made sambil mempromosikan karya mu, atau kalau kamu punya produk fashion, kamu bisa membuat blog dengan tema pembahasan seputar dunia fashion sambil  mempromosikan produk yang kamu miliki. Cara promosi seperti ini termasuk dalam kategori Soft Selling, yaitu promosi secara tidak langsung, sebab tabiat asli manusia itu tidak suka ditawari produk secara langsung dan terus menerus.
Memperbanyak pengetahuan
Satu lagi yang tak kalah penting dari manfaat blogging, yaitu menambah pengetahuan. Didunia ini banyak sekali blog yang memiliki topik bahasan serupa dengan blog mu, dengan blogwalking kamu bisa lebih banyak belajar dari blogger lainnya dan mendapatkan sesuatu yang mungkin selama ini belum kamu ketahui.

Mau artikel mu lebih seo friendly ? Berarti kamu harus baca ini 8 Cara Memaksimalkan Artikel Blog Agar Lebih SEO Friendly


Semoga postingan saya tentang Sepuluh Manfaat Blogging ini bisa menjadi motivasi dan penambah semangat bagi para blogger, terutama blogger pemula seperti saya ini untuk terus mengembangkan ide dan konsistensinya dalam mengurus blog. Jika kamu menemukan kekurangan dalam artikel ini, silahkan tuliskan dikomentar dan saya akan berterimakasih untuk itu.

1 Response to "Sepuluh Manfaat Blogging Yang Kamu Harus Tahu"

  1. weeeh baru tau ternyata manfaat blogging itu cukup bagus juga ya terlebih untuk pengembangan diri, nice post gan.. lanjut terus updatenya

    ReplyDelete