Metode promosi klasik sebetulnya
tidaklah masalah, tapi ada baiknya kamu mencoba untuk melakukan promosi masal
agar usaha yang kamu jalani semakin terkenal dan mampu menjangkau calon
konsumen lebih luas.
Diartikel ini saya akan berbagi
pengetahuan mengenai media promosi yang tertarget dan murah meriah sehingga
bisa digunakan oleh banyak pengusaha kecil menengah di Indonesia, semoga apa
yang saya bagikan ini bermanfaat.
image source : alldubai.ae |
Dalam pembahasan ini media
promosi saya kelompokkan menjadi dua jenis, yaitu Gratis dan Berbayar.
Media Promosi Gratis
Iklan Baris
Rasanya ini pantas saya tempatkan
diurutan pertama, sebab iklan baris selain gratis juga mampu menjangkau banyak
calon konsumen. Dalam memanfaatkan iklan baris ada baiknya kamu memilih situs
yang sudah terkenal akreditasnya, untuk saat ini saya belum bisa menyebutkan
situs-situs iklan baris yang saya maksud, tapi insyaallah nanti akan saya
update diartikel lainnya.
Sewaktu memasang iklan gunakan
kata-kata yang mengundang perhatian serta foto yang unik, sebab semakin
menantang judulnya dan unik fotonya, iklan kamu berkesempatan menyedot
perhatian calon konsumen lebih banyak.
Sosial Media
Hampir semua penduduk Indonesia
tidak bisa jauh dari sosial media seperti facebook, instagram, twitter dan lain
sebagainya. Janga lupa untuk memanfaatkan ini semua sebagai media promosi.
Sosial media yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Facebook,
Twitter, Instagram, Path, Pinteres, dan Kaskus cobalah untuk terjun kesemua
sosial media tersebut agar kita bisa menyeleksi sosial media mana yang paling
pas untuk digunakan sebagai media promosi.
Blog Pribadi
Biarkan pengunjung blog tahu apa
usaha yang sedang kamu jalani, dalam melakukan promosi diblog pribadi bisa kamu
lakukan dengan dua metode, yaitu metode Hard Selling dan Soft Selling.
Metode Hard Selling itu sama
dengan kamu menjelaskan secara terus terang tentang usaha yang kamu miliki.
Kamu bisa memberitahukannya melalui halaman about, menaruh iklan di sidebar,
atau berupa artikel yang secara khusus membahas tentang usaha kamu.
Sedangkan metode Soft Selling
berarti kamu melakukan promosi dengan samar-samar, seakan-akan itu bukalanlah
usaha yang kamu miliki, seakan-akan kamu merekomendasikan usaha seseorang
kepada pengunjung blog. Metode ini umumnya lebih disenangi pembaca (dan
kebanyakan orang) sebab pada dasarnya manusia itu paling sebal kalau menjadi
korban promosi/iklan.
Untuk menggunakan metode soft
selling ada baiknya kamu mengetahui tehnik soft selling agar upaya promosi
lebih terlihat natural dan interest pembaca tinggi.
Media Promosi Berbayar
Facebook Ads
Facebook ads adalah salah satu
layanan periklanan yang disediakan oleh facebook sekaligus menjadi sumber
pendapatan utama. Facebook ads merupakan favorit saya dalam melakukan kegiatan
promosi, sebab untuk beriklan menggunakan facebook ads sangat mudah, segmentasi
target iklan beragam sehingga bisa menargetkan iklan kepada orang-orang yang
sesuai dengan kriteria calon konsumen kita, anggaran iklan harian juga bisa
kita sesuaikan dengan jumlah anggaran yang kita sediakan untuk kegiatan promosi
yaitu mulai dari Rp. 10.000,-.
Segmentasi (penggolongan) Target
Iklan Facebook Ads
Sampai saat ini saya belum menemukan
media iklan yang murah dan juga memiliki sistem segmentasi calon target
selengkap facebook ads, dengan facebook ads kamu bisa menjangkau banyak orang
secara tertarget sekaligus banyak –bukan bermaksud mempromosikan facebook ya-,
berikut saya sebutkan beberapa segmentasi target yang disediakan berdasarkan
kategori :
Jenis Kelamin, Usia, Status
pernikahan, Pekerjaan, Perusahaan tempat bekerja, Apa yang disukai (fanpage), Minat/Hoby,
Ketertarikan (internet, internet marketing, menulis, dsb), Perangkat log in
facebook (dekstop, aplikasi, browser handphone), Merek dan tipe handphone,
Lokasi tinggal, Tempat asal, Agama, Universitas (alumnus dan mahasiswa) dan
masih banyak lagi.
Syarat penggunaan facebook ads
Memiliki fanspage dan memilih
salah satu metode pembayaran yang disediakan oleh facebook.
Facebook menyediakan tiga pilihan
pembayaran, yaitu kartu kredit (Credit Card), Paypal dan Transfer Bank Lokal.
Untuk metode transfer bank lokal, facebook bekerjasama dengan Bank Permata maka
dari itu nanti nomor rekening yang diberikan untuk top up saldo merupakan nomor
rekening Bank Permata dengan kode bank 013. Saya menyarankan agar memilih
metode pembayaran Transfer Bank Lokal, sebab menurut saya metode pembayaran ini
lebih simple dan juga hasil reach (jangkauan iklan) sudah lebih baik lagi
(tambah banyak), dahulu kalau menggunakan metode pembayaran Transfer Bank Lokal
hasil reach iklan menjadi jelek (sedikit) sehingga kita harus menguras kantong
lebih dalam lagi untuk menjangkau lebih banyak orang. Setiap kali top up saldo
dikenakan biaya transfer sekitar Rp. 10.000,- sampai Rp. 20.000,- tergantung
bank yang digunakan untuk transfer.
Tips : facebook ads dikatakan
sebagai media iklan yang paling ketat, sebab akun iklan bisa saja diblokir
hanya karena kita melakukan sebuah kesalahan kecil misalnya membuka akun
facebook yang kita gunakan untuk beriklan dibanyak perangkat. Maka dari itu
buatlah satu akun khusus untuk beriklan dan bukalan akun itu hanya diperangkat
dan browser yang kita khususkan untuk memasang iklan.
Facebook Ads paling cocok
digunakan sebagai media kampanye atau branding, sebab bisa menjangkau banyak
orang sekaligus.
Google Adwords
Sepertinya nama ini sudah tidak
asing lagi ditelinga, ya ini merupakan salah satu layanan iklan yang disediakan
oleh perusahaan internet raksasa, Google. Google Adwords bisa dikatakan sebagai
media promosi yang istimewa, sebab tidak seperti facebook ads yang hanya
menampilkan iklan secara masal kebanyak orang, layanan Google Adwords paling
cocok digunakan kalau kamu menginginkan target iklan melakukan tindakan
tertentu, seperti mengklik, mendaftar, menguhubungi dan lain sebagainya. Sebab
google menyediakan beberapa layanan iklan mulai dari PPC (Pay Per Click) sampai
CPA (Cost Per Action) selain itu kamu juga diberikan dua pilihan penempatan
iklan, hanya pada halaman hasil pencarian dan/atau dijaringan iklan Google.
Metode pembayaran yang
direkomendasikan untuk memasang iklan di Google Adwords adalah Kartu Kredit
(Credit Card) bagi yang tidak memiliki kartu kredit jangan berkecil hati sebab
kamu masih bisa menggunakan layanan VCC (Virtual Credit Card) yang disediakan
oleh bank BNI, VCC bisa dibeli berdasarkan nominal yang kamu butuhkan, syarat
untuk membeli VCC yaitu memiliki rekening BNI yang masih aktif, layanan VCC
bersifat gratis, namun nantinya akan dikenakan biaya pemakaian sebesar Rp.
10.000,-, masa berlaku VCC hanyalah satu jam sejak dikeluarkannya maka dari itu saya sarankan untuk membel VCC dari aplikasi BNI Moblie. Sistem
targeting pada Google Adwords menggunakan keyword (kata kunci), misalnya kamu
ingin memasang iklan untuk website online shop pakaian muslim, maka kamu harus
menentukan kata kunci yang memiliki relefansi dengan pakaian muslim.
Syarat menggunakan Google Adwords
Memiliki landing page, landing
page maksudnya halaman tujuan setelah target mengklik iklan yang kamu pasang.
Landing page bisa berupa website, landing page, fanpage, akun sosial media, dan
akun market place.
Landing page dan iklan haruslah
memiliki relefansi, sebab Google sangat menyukai iklan yang berkualitas dan
sesuai dengan apa yang diiklankan. Anggaran minimal harian Google
Adwords adalah Rp. 50.000,-/hari, jadi tinggal kamu hitung sendri berapa banyak
yang akan kamu habiskan dalam beriklan.
Tips :
- Kalau kamu beriklan untuk tujuan branding alangkah baiknya hanya menggunakan Facebook Ads agar bisa menjangkau lebih banyak orang dan promosi bisa terfokus, atau kamu juga bisa menggunakan kombinasi Facebook Ads dan Google Adwords.
- Beriklan menggunakan PPC bisa dikatakan ‘manis pedas’ sebab kita bisa saja mendapatkan untung banyak atau bahkan rugi banyak, karena bisa saja target setelah meng-klik iklan hanya sekedar melihat-lihat.
- Dalam menentukan urutan posisi iklan, Google Adword menggunakan sistem “Bid” atau lelang jadi semakin banyak anggaran iklan yang kamu tentukan maka urutan posisi iklan kmau akan semakin diatas.
Klik Saya
Bisa dibilang klik saya adalah Google Adwords versi
Indonesia, sistem dan cara kerjanya juga mirip, terkeculai pada tempat
pemasangannya, kalau digoogle adwords kita bisa memilih tempat pemasangan iklan,
sedangkan di klik saya iklan ditampilkan pada situs website yang menjadi
publisher klik saya yang memiliki relefansi dengan kata kunci iklan yang sudah
kamu tentukan.
0 Response to "Media Promosi Tertarget Dan Murah Meriah, Wajib Dicoba"
Post a Comment