8 Cara Memaksimalkan Artikel Blog Agar SEO Friendly

Tips agar artikel lebih seo friendly – Seletah beberapa waktu lalu menulis Tiga Alasan Utama Memilih Blogger kali ini saya ingin sedikit berbagi perihal cara memaksimalkan artikel blog agar seo friendly yang pernah saya pelajari dara para senior blogger. kenapa saya menulis tentang artikel ini ? sebab semua blogger entah itu blogger pemula ataupun blogger senior pasti ingin setiap artikelnya masuk dihalaman hasil SERP (Search Engine Result Page) terlebih berada diperingkat paling atas, ia kan ? nah maka dari itu disini saya ingin sedikit berbagi tentang cara memaksimalkan artikel agar lebih SEO friendly yang sudah teruji efektifitasnya. 

8 cara memaksimalkan artikel blog agar seo friendly
Image Source : Tips Dian

Isi Artikel Yang Berkualitas

Sebelum kita berbica lebih lanjut perihal SEO artikel ada baiknya kita fokus terlebih dulu ke artikel yang berkualitas. Sebab sehebat apapun kita melakukan SEO kalau artikel blog tidak berkualitas pastinya percuma saja, sebab pembaca pun jadi malas membuka blog kita. Maka dari itu pastikan artikel berkualiatas dan bukan copy paste dari situs lain. Dalam dunia blogging ada istilah “green content” yaitu sebuah istilah untuk artikel yang tidak mudah usang/basi ditelan waktu seperti artikel tutorial, pelajaran, informasi kesehatan, kecantikan dan sebagainya.

Tambahan : Search egine biasanya lebih suka dengan artikel panjang sekitar 700 – 1.500 keatas, sebab mereka menganggap bahwa artikel yang panjang disertai sub heading/sub pembahasan adalah artikelyang lengkap dan berkualiastas

Masukkan Kata Kunci (Keyword) Dibagian Title

Sebab search engine akan terlebih dahulu merayapi title/judul artikel sebelum mereka merayapi isi artikel,  maka dari itu jangan lupa agar memasukkan kata kunci/keyword pada tittle/judul artikel. Perlu diingat agar jangan menggunakan pengulangan kata. Hindari juga penggunaan title secara berlebihan/terlalu panjang, khawatir nanti terdapat kata-kata yang sebetulnya tidak penting. Search engine hanya akan menampilkan sekitar 70 (tujuh puluh) karakter termasuk spasi dari judul pada hasil pencarian selebihnya akan ditampilkan berupa titik-titik. judul yang singkat, jelas dan menarik akan lebih mudah mengundang pembaca mengklik blog kita.

Tambahan : untuk memilih kata kunci yang baik kita bisa menggunakan google sugest, google keyword planner, google trend dan banyak link lainnya, kalau tak mau repot, pakai saja feeling hehehehe

Manfaatkan Heading dan Sub Heading

Heading adalah judul artikel penjelasannya seperti diatas, sedangkan sub heading adalah sub pembahasan –seperti sub bab jika dalam buku pelajaran-. Untuk menggunakan sub heading ada dua cara yang pertama blok sub pembahasan kemudian klik sub heading, seperti gambar dibawah ini, atau dengan menggunakan tag html <h2>. Perlu diingat agar menuliskan sub heading menggunakan kata-kata yang benar sebab kalau ada satu saja huruf yang kurang bisa berakibat fatal, kita tidak harus selalu menggunakannya, gunakanlah fitur ini jika memang artikel yang kita buat memerlukan sub pembahasan.

Pengulangan Kata Kunci

Ulang kata kunci yang diincar pada setiap paragraph, tak perlu banyak-banyak, cukup sekali atau dua kali saja, khawatirnya kalau telalu banyak blog kita dianggap spam oleh search engine dan pembaca menjadi bingung lalu meninggalkan blog kita begitu saja. Efeknya blog kita nanti memiliki bounce rate yang tinggi dan search engine menganggap blog kita tidak memiliki artikel yang berkualitas atau tidak relefan dengan judul sehingga blog kita akan di deindeks/blacklist.

 Tambahan : Keyword terbagi dua, yaitu Long tail keyword yang terdiri dari beberapa kata dan relatif lebih mudah diincar sedangkan yang kedua Short keyword yang terdiri dari satu kata dan sanga sulit diincar sebab memiliki persaingan sangat ketat.

Optimasi Gambar

Dengan menambahkan gambar pada artikel tentunya akan mempercantik tampilan blog kita, tapi jangan gunakan gambar yang terlalu besar ukurannya, sebab akan memperlambat loading blog, untuk memperkecil ukuran gambar caranya dengan meng-kompresi menggunakan software sejenis photoshop atau menggunakan situs-situs kompresi yang dengan mudah kita temukan dengan sekali search. Sebelum meng-upload gambar, ubah nama gambar terlebih dahulu sesuai dengan judul artikel atau dengan turunan kata kunci artikel. Tambahkan juga alt text beserta deskripsi gambar agar bisa terindeks digoogle image.

Link Postingan Kepostingan Lainnya

Contohnya seperti ini, beberapa hari yang lalu saya posting artikel Tiga Alasan Utama Memilih Blogger nah kemudian artikel itu saya link-kan ke artikel ini, tujuannya untuk mengingatkan search engine bahwa artikel itu masih relefan sampai sekarang. Cara ini juga termasuk pada salah satu metode optimasi SEO Onpage. Selain itu, cara ini juga memudahkan pembaca blog untuk menjelajahi isi blog kita dan memperkecil bounce rate.

Aktifkan Meta Description

Meta description adalah deskripsi singkat mengenai isi artikel pada halaman SERP, konon ini juga digunakan oleh search engine untuk menentukan apakah artikel kita relefan dengan pencarian atau tidak, meta description secara default tidak aktif, maka dari itu kita harus mengaktifkannya dengan cara menuju pengaturan > prefrensi dan penelusuran > meta description ada dibagian atas > pilih aktifkan, seperti gambar dibawah.

Buatlah URL Artikel Yang Mengandung Kata Kunci

URL artikel atau alamat artikel juga berperan penting dalam penentuan artikel itu seo friendly atau tidak, url yang baik haruslah simple/sederhana dan tidak terkesan ribet, sebagai contoh bisa kamu liat url artikel pada website master  blogging seperti sugeng.id seochips.com dan strukturkode.com ketiga situs tersebut biasanya tempat saya belajar dan mengenal lebih banyak serta lebih jauh tentang blogging. untuk merubah alamat url artikel caranya cukup mudah, ketika sedang menulis artikel disebelah kanan ada tautan permanen, pilih itu kemudian pilih Tautan Permanen Khusus untuk setting url sendiri.

Untuk mengisi meta description berada dibagian kanan pada saat kita menulis artikel, silahkan isi berdasarkan deskripsi singkat mengenai isi artikel. Meta description hanya bisa ditulis sebanyak 160 karater, jadi gunakan penjabaran secara singkat dan jelas.


Trik seo, tips seo, cara seo artikel, cara agar artikel cepat terindeks google, cara cepat artikel diindeks, tips blogging, internet marketing.

0 Response to "8 Cara Memaksimalkan Artikel Blog Agar SEO Friendly"

Post a Comment