Pengertian Istilah Blogging Yang Sering Digunakan

Pengertian istilah blogging yang sering digunakan – Kalau kamu suka searching tentang tips blogging pasti sering menemukan istilah-istilah blogging yang mungkin asing didengar, maka dari itu kali ini saya akan sharing tentang istilah-istilah blogging yang sering digunakan berdasarkan pengetahuan saya, silahkan disimak supaya wawasan kita semakin banyak #sharingisamazing
pengertian istilah blogging yang sering digunakan
Image Source : Koombis.com

Search Engine, mesin pencari seperti google, yahoo, bing, mysearch dan lain sebagainya.
Deindeks, yaitu blacklist oleh google atau search engine lainnya sehingga artikel tidak ditampilkan dalam hasil pencarian.
Diindeks, maksudnya dibaca/dirayapi/dikenali dan ditampilkan dalam halaman SERP.
SERP, maksudnya Search Engine Result Page atau halaman hasil pencarian.
SEO, adalah kepedekan dari Search Engine Optimization yang merupakan sekumpulan tehnik agar situs dan kontennya ditampilkan dalam hasil SERP.
Black Hat, merupakan cabang dari tehnik SEO, tehnik ini berfokus pada Pengunjung Web dan umumnya menggunakan cara yang cenderung curang seperti spaming disosial media dan lain sebagainya. Tehnik ini merupakan cara instan agar situs kita mendapatkan banyak pengunjung serta cepat terindeks oleh search engine, namun berefek buruk dalam jangka panjang, bisa-bisa situs kita mendadak diblacklist.
White Hat, merupakan kebalikan dari Black Hat, tehnik ini berfokus pada konten dan kenyamanan pengunjung. Tehnik ini memerlukan waktu yang relatif lebih lama dan berkelanjutan namun hasil yang didapat akan sesuai dengan usaha yang dilakukan, yaitu akan memiliki predikat baik dimata search engine dan peringkat situs kita memiliki posisi yang kuat dalam hasil SERP.
SEO Onpage, upaya optimasi SEO dari bagian dalam situs, seperti meng-link artikel diartikel lainnya, membuat konten yang berkualitas, membuat konten agar lebih seo friendly, menggunakan keyword yang tepat dan lain sebagainya. Tujuan SEO Onpage itu agar situs kita memiliki bounce rate rendah.
SEO Offpage, upaya optimasi SEO dari luar bagian situs, seperti ping situs, menaruh backlink, submit situs ke web master dan lain sebagainya.
Bounce Rate, bahasa inggris dari Rasio Pentalan, maksudnya adalah pengunjung yang datang kemudian pergi lagi dalam waktu yang relatif singkat, semakin tinggi bounce rate mengindikasikan bahwa situs kita tidak berkualitas sehingga berefek pada deindeks search engine, untuk mengetahui tingkat bounce rate kita bisa menggunakan Google Analitycs.
Link Building, adalah kegiatan membangun link, baik secara internal maupun eksternal situs. Untuk internal situs bisa dengan me-link salah satu konten yang dengan konten lainnya, contohnya seperti diatas dan disamping ada tulisan berwarna biru, tulisan itu saya hubungkan ke artikel tentang cara membuat konten agar lebih seo friendly. Sedangkan secara eksternal bisa dengan menaruh backlink.
Backlink, lebih mudahnya disebut “menaruh link situs kita disitus-situs lain”.
Spam/Spaming, adalah tindakan mempromosikan secara masal dan terus menerus sehingga dianggap mengganggu atau berupa membagikan informasi palsu serta mengandung isi yang berbahaya.
Web Master, sepengetahuan saya hanya ada dua web master didunia SEO yaitu Google Web Master dan Bing Web Master, submit alamat situs ke web master itu tak ubahnya seperti pendaftaran, kalau ingin situs diindeks oleh Google maka kita harus men-submit ke Google Web Master, kalau ingin situs diindeks Bing maka kita harus men-submit ke Bing Web Master.
Domain, adalah nama/alamat blog, sedangkan Top Level Domain (TLD) adalah domain berbayar, contohnya seperti  namablog.com namablog.id. TLD umumnya kita sewa pertahun, dengan biaya sewa berbeda-beda tergantung tipe, domain .com umumnya seharga Rp. 135.000,-/tahun .id sekitar Rp. 475.000,-/tahun dan .net Rp. 75.000/tahun.
Hosting, bisa dibilang ini merupakan wadah dari situs web, tidak ada hosting maka situs web tidak akan bisa dibuka, jika menggunakan situs blogging gratis seperti blogger, wordpress.com, tumblr dan lain sebagainya kita tidak perlu repot beli hosting, sebab sudah dihosting oleh mereka.
Ping Situs, seperti halnya ping pada bbm, ping situs juga berguna untuk mengingatkan kembali search engine tentang situs ataupun konten situs kita agar mereka indeks, tapi jangan lakukan ini secara berlebihan, sebab bisa dianggap spaming.
Green Content/Evergreen Article, maksudnya adalah konten yang tidak mudah usang seperti konten seputar kesehatan, tutorial, lirik lagu, tips dan trik dan lain sebagainya.
Blog Walking, adalah aktifitas mengunjungi blog/situs web lain dengan tema pembahasan yang sama, tujuannya untuk mencari inspirasi, berkenalan atau sekedar menaruh backlink.
Unic Visitor (UV), artinya adalah pengunjung baru sebuah situs.
Keyword (Tags), kata kunci yang digunakan untuk searching, pada situs web keyword berguna agar artikle muncul pada halaman SERP.
High Payment Keyword (HPK), adalah kata kunci yang digunakan oleh pengiklan PPC yang menyediakan bayaran mahal untuk setiap iklannya. Bagi publisher google adsense HPK diincar agar situsnya dapat menghasilkan uang lebih banyak.
PPC, kependekan dari Paid Per Click, yaitu metode iklan yang kita hanya membayar biaya iklan setiap iklan kita diklik. Sedangkan bagi publisher iklan PPC, mereka hanya akan mendapat komisi jika iklan disitus web mereka ada yang mengklik.
Google Adsense, salah satu penyedia iklan PPC terbesar milik google dan biasanya digunakan oleh mayoritas blogger untuk menghasilkan uang dari blog.
Meta Description, adalah deskripsi singkat mengenai isi pembahasan dari sebuah artikel yang kita buat.


Sekian dulu ya artikel kali ini tentang Pengertian istilah-istilah blogging yang sering digunakan, nanti kalau ada yang kurang akan saya tambahkan, atau kalau kamu punya tambahan bisa ditulis pada kolom komentar. Maaf ya kalau bahasanya terlalu kaku, karena saya tidak ahli dalam menyusun kata, mohon maklum ya :D

0 Response to "Pengertian Istilah Blogging Yang Sering Digunakan"

Post a Comment